Menu Drop Down

Kamis, 18 April 2013

Kerajinan Tangan, Inspirasi Bisnis bagi Wanita

Artikel kerajinan tangan akan banyak kita temui dan baca di majalah wanita. Hampir setiap tabloid dan majalah wanita selalu menampilkan berita atau artikel kerajinan tangan.

Artikel kerajinan tangan yang di liput biasanya disertai dengan foto-foto yang menarik. Selain foto tahapan pembuatan, juga dipaparkan bahan dan biaya pembuatan. Bahkan terkadang pemasaran dan peluang usaha juga ditunjukkan secara jelas dan gamblang.

Harapan dari Tim Redaksi majalah wanita tersebut dapat memberi inspirasi bisnis bagi wanita sehingga menarik wanita untuk membaca majalah tersebut sehingga membeli majalah yang ditawarkan.

Artikel Kerajinan Tangan Inspiratif Artikel kerajinan tangan yang disuguhkan benar-benar artikel pilihan yang terbuka. Artikel pilihan yang terbuka maksudnya adalah artikel tersebut terseleksi dan mampu memberikan
inspirasi bagi pembacanya.

Ada usaha untuk mengembangkan pembuatan kerajinan tangan tersebut dari bahan yang sama namun dengan model dan manfaat yang lain. Atau kerajinan tangan yang terbuat dari bahan yang berbeda namun dapat menghasilkan kerajinan yang sama dengan fungsi yang sama namun lebih bagus dan harga murah serta
bahan mudah dicari.

Insiprasi yang ingin ditonjolkan lebih utama adalah inspirasi meniru atau membuat serta mengembangkannya. Misalnya saja, kerajinan tangan yang dibuat di berbagai suku daerah tertentu yang belum terjamah oleh modernitas.

Di daerah-daerah seperti ini, kerajinan tangan dianggap sebagai sesuatu yang bernilai filosofis sehingga bahan-bahan yang dijadikan sebagai alat atau media pembuat kerajinan tangan pun diambil dari alam sekitar kehidupan mereka.

Salah satunya adalah kerajinan tangan kain batik dan kain tenun yang berada di wilayah Indonesia. Di wilayah Jawa dan Bali, kain batik merupakan hasil kerajinan tangan yang inspiratif dan tidak dimiliki oleh masyarakat alas suku di negara lain. Oleh sebab itu, batik menjadi sebuah karya yang bernilai dan tidak bisa dianggap sebagai karya yang meniru atau sembarangan.

Tiap daerah di Indonesia yang menghasilkan kerajinan tangan berupa batik akan memberikan gambaran filososfis yang khas dan berbeda-beda. Filosofi kain batik dari Jawa Tengah akan berbeda dengan filosofi kain batik yang dibuat di daerah Sunda atau Jawa Barat. Oleh sebab itu, keduanya pun memiliki cara dan bahan yang beragam untuk mengolah kain batik.

Begitu juga kain tenun yang berada di daerah utara Indonesia memiliki bahan dasar, corak, dan filosofi yang berbeda. kain tenun daerah Sumatera akan berbeda dengan kain tenun yang dibuat oleh masyarakat Kalimantan. Itu sebabnya, keduanya juga memiliki masing-masing gaya dalam pembuatannya.

Inspirasi Bisnis untuk Wanita Kerajinan tangan memang identik dengan wanita. Oleh sebab itu artikel kerajinan tangan sebagian besar ada di majalah atau tabloid wanita.Banyak wanita enggan beraktifitas di luar rumah ketika sudah berumah tangga. Alasan mengurus keluarga dan tidak bisa mengawasi anak adalah salah satu alasan. Dengan mendapat insipirasi dari majalah seputar artikel kerajinan tangan, wanita dapat mencoba membuatnya untuk keperluan pribadi.

Apabila proses coba mencoba ini berhasil dan mampu mengembangkannya dengan lebih variatif bukan tidak mungkin akan mempengaruhi wanita lain memiliki kerajinan tangan tersebut.

Proses pengenalan yang biasa dilakukan wanita adalah dari rekan dan tetangga dekat. Sambutan positif akan hasil kerajinan tangan tersebut perlu ditindak lanjuti serius. Kemungkinan untuk dikembangkan menjadi bisnis atau inspirasi bisnis.

Banyak wanita sukses melakukan bisnis rumahan dari mengembangkan hobi membuat kerajinan tangan ini di tiap daerah. Namun, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memahami dan mengembangkan bisnis kain batik sesuai dengan apa yang digariskan oleh leluhur merekea dalam tataran budaya.

Peluang Bisnis Kerajinan tangan Artikel kerajinan tangan banyak terdapat di majalah wanita bukan tanpa alasan.Banyak wanita menyenangi kerajinan yang terbuat dari tangan karena keunikan, keindahan serta terkesan spesial.

Kondisi demikian memang kebalikan dari barang yang dibuat di pabrik. Kerajinan yang terbuat dari tangan ini memang cara pembuatannya rumit dan memerlukan waktu yang cukup lama, namun hasinya pun unik dan spesial sebagai nilai lebihnya.

Kelebihan tersebut banyak disukai wanita dan kebanyakan orang. Kesempatan mengembangkan usaha demikian terbuka lebar . Pasaran luar negeri selalu terbuka dengan kerajinan yang terbuat dari tangan.

Sebagian besar wanita Indonesia sangat terampil serta memiliki kesabaran yang tinggi dalam membuat kerajinan tangan beraneka ragam. Salah satu bisnis kerajinan tangan modern yang bisa diangkat adalah dengan menggunakan barang-barang bekas sebagai bahan dasar utama pembuatan kerajinan.

Sekarang ini, masalah yang sedang dihadapi merupakan masalah yang berkaitan dengan isu global warming sehingga para wanita yang biasa bekerja di rumah sekali pun bisa mengisi waktu luang mereka dengan membuat kerajinan tangan dari barang-barang bekas, seperti plastik beka, kaleng bekas, dan lain-lain.
Untuk membuat sebuah lampu atau lentera, Anda bisa menggunakan sebuah botol bekas atau bahkan galon bekas.

Anda tinggal mengumpulkan beragam ide imajinatif yang kemudian dituangkan ke dalam bentuk lentera yang unik dari bahan botol atau galon bekas. Begitu juga dengan benda lain yang memungkinkan sebuah plastik
bekas untuk diubah menjadi sebuah barang yang berguna, seperti halnya pembuatan tas atau keranjang dari plastik bekas sabun, odol, rokok, dan bahan plastik lainnya.

Dengan begitu, Anda tidak hanya mendapatkan barang yang berguna dari hasil daur ulang, tapi juga bisa mendapatkan peluang bisnis yang relatif mudah dan bisa menghasilkan keuntungan yang cukup banyak dengan hanya membuat sesuatu secara sederhana.

Bisnis Kerajinan Tangan Pemberdayaan Perempuan
Berkreativitas dan mengembangkan diri dengan selalu akses yang berhubungan dengan kerajinan tangan dengan membaca artikel kerajinan tangan penting bagi pengusaha yang menekuni bisnis kerajianan tangan.
Semakin kreatif semakin membuka peluang usaha lebih maju.

Kemajuan bisnis kerajinan tangan semakin memberdayakan para wanita dan remaja putus karena mereka akan memiliki kesempatan bekerja yang sesuai dengan bakat dan minat merekatanpa harus meninggalkan atau jauh dari keluarga.

Bisnis kerajinan tangan ini juga mampu menopang kehidupan keluarga. Ibu rumah tangga dapat memperoleh penghasilan tambahan bagi keluarga. Dengan begitu, perempuan juga tidak hanya menjadi orang yang  menunggu penghasilan dari tangan suami bahkan bisa mendapatkan penghasilan yang tinggi dari kerajinan tangan yang dibuatnya.

Pemasaran yang dilakukan pun bisa berupa pemasaran barang secara langsung dan membuka toko di rumah sendiri, atau bisa ,memasarkannya lewat internet secara online. Hal ini akan membuat Anda juga mengetahui dengan baik bagaimana mangsa pasar bergerak di dunia maya.

Hal-hal di atas tentu akan membuat Anda semakin maju jika keduanya dilakukan secara bersamaan. Anda bisa mengumpulkan para wanita yang ada di sekitar rumah Anda, atau mengumpulkan kerabat wanita yang memiliki keahlian untuk membuat sesuatu yang kreatif, namun tetap mementingkan kualitas yang baik saat
membuat kerajinan tangan tersebut.

Kerajinan tangan yang dimaksud juga bukan hanya sekadar barang atau materi yang dibuat dari bahan-bahan seperti itu saja, Anda juga bisa membuat kerajinan tangan lain berupa dekorasi makanan yang bisa disajikan dengan cara yang indah dan unik.

Misalnya saja, mendekorasi kue ulang tahun dan pernikahan sehingga tampak lebih menarik dan dibuat sesuai dengan keinginan konsumen. Seperti halnya membuat sebuah rumah, membuat bentuk-bentuk handuk, dan lain sebagainya sehingga orang tidak melihat kue sebagai bentuk makanan saja, tapi juga
sebagai suatu kerajinan tangan yang mesti dihargai oleh si pendekorasinya.

Sumber : http://www.anneahira.com/artikel-kerajinan-tangan-8817.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar