Menu Drop Down

Selasa, 18 Oktober 2011

SAATNYA PKK BERPERAN Dari Pembekalan Kelembagaan PKK RW se-Kelurahan Purwantoro.

KIM PURWOAGUNG, Minggu 16 Oktober 2011. 
Melengkapi kebutuhan akan keberadaan PKK yang semakin mengambil peran penting di wilayah RT dan RW di Kelurahan  Purwantoro, Tim Pembina PKK bekerja sama dengan LPMK  Kelurahan Purwantoro menghelat acara  pembekalan Kelembagaan yang diikuti oleh  pengurus lengkap PKK RW se- kelurahan Purwantoro. Sengaja acara yang digelar sehari penuh ini mengambil hari Minggu untuk mendapatkan hasil  optimal, mengingat pentingnya pembekalan ini. PKK Kelurahan Purwantoro memandang acara ini sehingga tahun ini program pembekalan kelembagaan diusulkan sebagai prioritas mengingat semakin banyak kegiatan yang melibatkan PKK, menempatkannya sebagai lembaga yang mulai diperhitungkan, mulai dari jumlah anggotanya maupun kualitas dari setiap kegiatannya. Sebagai contoh pengelolaan Posyandu, Kader lingkungan dan Kelurahan siaga yang tidak disangkal lagi, peran PKK menjadi sangat dominan dan penting.
Dalam sambutan pembekalan yang diikuti oleh 108 peserta ini, Ketua TP PKK kelurahan Purwantoro Ibu Dra Sukengtyas  Ismiran menekankan pentingnya data yang dibangun dan dijadikan dokumen oleh masing masing PKK tingkat RT dan RW sebagai data dasar yang dapat dimanfaatkan oleh semua pihak yang bergerak dibidang kesejahteraan masyarakat. Untuk itu maka selain pembekalan terhadap kelembagaan itu sendiri maka harus direncanakan pula input data yang mumpuni dan “up to date” melalui penggunaan teknologi komputerisasi. Beliau menjelaskan pentingnya data tersebut yang akan menjadi tolak ukur keberlangsungan setiap kegiatan menjadi tuntutan jaman. Keberadaan masukan, pengolahan dan pemanfaatan data yang tersimpan ter-computerized diharapkan bisa dijadikan  sebagai acuan setiap program yang akan dilakukan oleh PKK itu sendiri maupun dimanfaatkan oleh lembaga atau pihak lain untuk menuju berbagai tujuan PKK yang muaranya pada kesejahteraan warga pada umumnya.
Dalam pembukaan pembekalan kelembagaan ini juga dihadiri oleh Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Purwoagung kelurahan Purwantoro, Bapak Drs Sugianto bersama anggota dan Ketua LPMK Kelurahan Purwantoro bapak Bambang Heri  Santoso. Dalam beberapa kegiatan diharapkan akan semakin banyak kegiatan PKK yang bisa di sinergikan bersama KIM Purwoagung. Dalam Sambutan pembukaannya Lurah Purwantoro, bapak Umar Ismiran, SH MM,  kembali mengingatkan peran strategis  PKK di lingkungan kelurahan yang semakin hari semakin dibutuhkan dalam menjalankan dan mengawal  berbagai program baik  yang dilakukan oleh pemerintah kelurahan maupun lembaga kemasyarakatan lainnya agar dapat dirasakan dan bebar enar “berimbas” pada kesejahteraan keluarga. Kaum perempuan dalam posisi dimasyarakat semakin menunjukan keberadaannya seiring dengan banyaknya posisi pelaku ekonomi, sosial, budaya semakin banyak memberi peluang kepada kaum perempuan.


Tepat jam 10.00 wib acara ini secara resmi dibuka oleh Lurah Purwantoro dengan ditandai penyerahan materi pembekalan oleh Ketua LPMK kelurahan Purawantoro kepada pengurus TP PKK kelurahan purwantoro untuk dijabarkan dalam kegiatan pembekalan ini. Selanjutnya sesi penmbekalan dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama menempati Aula Kelurahan  dipimpin langsung oleh Ibu Dra Sukengtyas Ismiran untuk para ketua PKK RW. Menempati ruang utama gedung  kantor kelurahan diisi kelompok sekretris PKK RW yang didampingi oleh Sekretaris TP PKK Ibu Kistinawati dan kelompok ketua Pokja 1 sampai 4 mengambil tempat di SD purwantoro 8 yang dipimpin oleh ibu Sri Hari Wuryanti ketua Pokja 4 TP PKK kelurahan Purwantoro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar