Menu Drop Down

Minggu, 02 Oktober 2011

Gelar Budaya Jawa Timur 2011 Taman Krida Budaya Jawa Timur, 26 Mei 2001 di Malang

Gelar Budaya Jawa Timur 2011
Taman Krida Budaya Jawa Timur, 26 Mei 2001 di Malang
Sore hari  menjelang pukul 20.00 wib diawali dengan sajian musik Banyuwangi-an yang menyambut tamu hadir, dilakukan pembukaan yang dilakukan oleh kepala dinas  Kebudayaan Pariwisata Jawa timur yang dalam sambutannya menekankan promo pada seni budaya yang harus menjadi aset bersama dan andalan alternatif yang layak digarap serius oleh pelaku seni dan budaya di Jawa Timur. Keaneka ragaman yang begitu mempesona terlihat mulai sejak awal Gelar Budaya kali ini. Sejak awal undangan dan penonton hadir, suasana sudah begitu terasa, terlepas dari kekurangan disana sini.

Tampilan dari masing masing Bakorwil mampu menghipnotis penonton yang didonminasi kaum muda, baik dari sanggar Tari di sekitar Jawa Timur maupun kalagan muda penikmat seni pada umumnya. Agenda yang konon rutin ini sebenarnya sangat berpotensi menjadi media belajar yang efektif bagi pembentukan pendidikan berkarakter yang kini menjadi sorotan praktisi pendidikan. Kalau even Malang kembali mampu melibatkan warga sebegitu banyak maka sebenarnya even ini juga mampu mengimbanginya.
Publikasi dan informasi even ini mestinya bisa diakses oleh masyarakat yang lebih luas lagi. Pentingnya melibatkan kaum muda dengan lebih serius bisa menjdi langkah strategis menguatkan akar budaya Jawa Timur di benak sanubari pewaris budaya dalam hal ini kaum muda. Sanggar Tari di Malang seperti Senaputra dan banyak lainya di wilayah Malang raya  dan daerah lain di Jawa Timur yang perkembanganya pesat sebenarnya bisa dijadikan tolak ukur kebutuhan akan aktualisasi dan ekspresi seni budaya yang bisa diagendakan juga. Selamat Gelar Budaya Jawa Timur 2011. 


 

  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar