Menu Drop Down

Minggu, 17 Maret 2013

Ujian Nasional (UN) Dihapus, Wajib Belajar Agar Lulus


Walaupun terlambat tidak perduli daripada tidak dilaksanakan sama sekali. Demikian ungkapan yang sering kita dengar di masyarakat pada saat menemukan / melaksanakan sesuatu yang dianggap sudah terlambat. Seperti contohnya akan dihapusnya Ujian Nasional (UN) jenjang Sekolah Dasar (SD) pada tahun 2014. 
Baru pada tahun depan, Kemendikbud dalam menetapkan keberlanjutan UN jenjang SD.  Tahun ini Ujian Nasional itu masih di gelar sembari di lakukan kajian. Padahal Kemendikbud sudah sangat terlambat  dalam penghapusan Ujian Nasional (UN) Sekolah Dasar (SD). Sejak digulirkan wajib belajar sembilan (9) tahun, maka penghapusan UN-SD adalah langkah  bagus karena semua anak didik tidak boleh drop out, apalagi di drop out kan oleh UN. ( Koran Pendidikan edisi 454/II/13-19 Maret 2013 )
Sepatutnyalah kita bersyukur karena Kemendikbud memprogramkan penghapusan Ujian Nasional (UN) di tingkatan Sekolah Dasar (SD). Hal tersebut untuk mendukung suksesnya program pendidikan dasar 9 tahun serta wajib belajar 12 tahun. Alasan lain mungkin dirasa pelaksanaan UN tidak begitu berpengaruh besar pada siswa. Sehingga dengan dihapusnya UN ditingkat SD, nantinya minimal program pendidikan dasar 9 tahun dapat terealisasi dengan baik, karena siswa bisa secara otomatis melanjutkan pendidikannya ke tingkat SMP.
Bagaimana dengan Ujian Nasional jenjang SMP ?  Apakah UN-SMP juga dihapus ? Kapan waktu yang tepat untuk menghapus UN-SMP ? 
Semestinya Ujian Nasional SMP juga ikut dihapus, tidak perlu menunggu  karena wajib belajar 12 tahun mewajibkan pendidikan siswa berlanjut pada jenjang  Sekolah Menengah Atas (SMA/sederajat) sudah digulirkan dan sudah berjalan. Supaya wajar 12 tahun dapat terealisasi dengan baik maka sangat tepat (belum terlambat)  Ujian Nasional SMP dihapus, itu berarti semua anak didik SMP tidak boleh drop out, apalagi di drop out kan oleh UN-SMP. Dengan demikian pendidikan wajib belajar 12 tahun dapat  berjalan mulus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar