Menu Drop Down

Rabu, 09 November 2011

Sinergi KIM Purwo Agung dan Dinas Kominfo Kota Malang

Kimpurwoagung, 10 November 2011.

Sejak diperkenalkannya internet sebagai media untuk mencari mengolah dan menyebarkan informasi yang dibutuhkan masyarakat, KIM Purwo Agung, kelurahan Purwantoro, kota Malang belum seaktif ini memanfaatkannya. Selain faktor SDM yang diperiode KIM  sebelumnya belum mampu memanfaatkanya juga ketersediaan prasarana dan prasarana yang dimiliki.  Sejak akhir tahun 2010, Kim Purwoagung berkomitmen untuk memanfaatkan dan mendayagunakan internet melalui pembuatan weblog sebagai media untuk menyebarkan informasi seputar kegiatan yang dilakukan masyarakat dan lembaga kemasyarakatan di lingkungan kelurahan Purwantoro dan kota malang pada umumnya.
Dengan maksud tersebut, berawal dari pembuatan Blog yang sekedarnya meningkat menjadi pilihan media informasi yang bisa diandalkan semua pihak di Kelurahan Purwantoro, maka pelatihan demi pelatihan untuk mengembangkan keahlian dan keterampilan dalam memanfaatkan weblog ini terus dilakukan.
Dinas Kominfo Kota Malang  sebagai mitra KIM Purwoagung, juga menerima ini sebagai tantangan dengan mengikut sertakan KIM Purwoagung disetiap kegiatan pelatihan weblog yang diadakan oleh Dinas Kominfo. Mulai dari pelatihan teknisi jaringan dan operator subdomain SKPD untuk menuju Malang sebagai "e-government" sampai ke pelatihan teknis yang meningkatkan kualitas tampilan seperti yang kali ini dilaksanakan. Disetiap pelatihan yang dilakukan Dinas Kominfo Kota Malang selalu menurunkan Tim Fasilitator yang dengan rinci mendampingi semua peserta sehingga kecepatan pemahaman pesert dapat optimal.
Pelatihan Kali ini KIM Purwoagung melibatkan 12 anggotanya yang berlatar belakang beragam. Dibawah fasilitasi bapak Ir Sidik, peserta tampak antusias mengikuti paparan dan praktek langsung di Media Center Kendedes, Lantai 4, Perkantoran Terpadu, Pemerintah Kota Malang. Pemilihan tempat ini sengaja dilakukan agar peserta bisa langsung mempraktekan dengan menggunakan perangkat komputer dan jaringan yang selalu tersedia gratis untuk Masyarakat di Media Center ini.
Dalam sambutan pembukaannya KaBid SKDI dinas Kominfo kota Malang, Ibu Ummy Kulsum, SH, MM. mengatakan bahwa pelatihan ini untuk menjawab permintaan kebutuhan KIM Purwoagung yang disampaikan dalam pembinaan rutin SKDI di KIM Purwoagung beberapa minggu sebelumnya. Sementara Kadin Kominfo Kota Malang ibu Dra Tri Widyani P, M.Si menyatakan kegembiraanya mengingat pelatihan ini muncul dari inisiatif dari bawah yang berarti bahwa pembinaan yang dilakukan telah berhasil membangun sinergi untuk saling melengkapi informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat mellalui berbagai media termasuk media weblog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar